Selasa, 03 Agustus 2010

LPI tahun 2010/2011 mulai digulir November 2010

Liga Pendidikan Indonesia (LPI) untuk memperebutkan Piala Presiden kembali digulirkan pada November 2010 – Juli 2011.

Ketua Liga Pendidikan Indonesia, Prof. Toho Cholik Mutohir, diJakarta, Selasa menyatakan, LPI akan digulirkan untuk kali kedua untukkompetisi tahun pembinaan 2009/2010.

Menurut dia, event ini adalah kompetisi sepak bola antar pelajarSMP, SMA, dan Perguruan Tinggi se-Indonesia ini direncanakan kembalibergulir serentak pada bulan November 2010. “Kami akan terus melakukan sinergis untuk pelaksanaan lebih baiklagi pada kompetisi musim mendatang,” katanya.

Kepanitiaan Nasional Liga Pendidikan Indonesia merupakan kerjasama Kemenpora, Kemendiknas, dan PSSI untuk rancangan program persiapanbagi pelaksanaan liga musim kompetisi 2010/2011.

“Selain evaluasi, saat ini kita tengah melakukan penyesuaianprogram guna meningkatkan mutu kompetisi Liga Pendidikan Indonesiaberikutnya,” katanya. Ia berharap, Pemprov dan Pemkab setempat dapat terus mendukung danberpartisipasi dalam setiap penyelenggaraan Liga Pendidikan Indonesia.

Toho juga menyampaikan agar masyarakat pecinta sepakbola Indonesia dapat turut serta mendukung ajang pembinaan bibit berbakat pesepakbola Indonesia ini.

“Sudah saatnya penggemar sepak bola Indonesia memperhatikanpembinaan seperti ini. Kami akan senang sekali jika ada pengusaha yangmendukung dan bersedia menjadi sponsor Liga Pendidikan Indonesia,”katanya.

Mengenai format pelaksanaan kompetisi Liga Pendidikan IndonesiaPiala Presiden Tahun Pembinaan 2010/ 2011, Kepanitiaan Liga Pendidikan Indonesia mengaku akan mempersiapkannya secara matang. Sesuai denganslogannya ‘Belajar, Bermain, dan Berprestasi’.

“Pelaksanaan kompetisi Liga Pendidikan Indonesia akan kembalidisesuaikan dengan kalender akademik dari Kemendiknas. Diperkirakanpada bulan November nanti, pelaksanaan kompetisi akan kita mulaiserentak,” katanya.

Ia merinci untuk kompetisi Kabupaten/Kota pada Nopember 2010 – April 2011, Tingkat Provinsi pada Mei 2011 dan tingkat nasional yang diikuti33 provinsi pada Juni/Juli 2011.

Sementara itu, Sekjen PSSI Nugraha Besoes menyambut baik kerjasamaini yang merupakan program pembinaan usia dini. “Kompetisi inimerupakkan salah satu dalam program pembinaan usia dini, disamping adakompetisi di BLAI (Badan Liga Amatir Indonesia) dan BPPUM (BadanPembinaan dan Pengembangan Usia Muda),” katanya.

Ia juga mengingatkan perlunya diperhatikan juga kelanjutan daripemain usia muda, mengingat dari LPI saja ada sekitar 88 ribu pemain. Sedangkan Rahim Soekasah, Ketua BPPUM PSSI, mengatakan pihaknyaakan melakukan seleksi dari pemain LPI untuk dapat masuk timnas U-16.

“Kami sudah memiliki pemain di timnas U-16. Jika ada pemain yangcocok dari hasil seleksi di Palembang pada Juli ini maka pemain itudapat masuk ke timnas,” katanya.

Timnas U-16 sendiri dipersiapka tampil di ajang AFC U-16 diUzbekistan pada Oktober 2010. Mereka rencananya akan melakukan ujicoba di China (Juli), Yordania (Agustus), dan kejuaraan AFF U-16 diSolo (September).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar